tidak semua yang saya tulis adalah saya. ada yang hanya fiktif belaka. :)

About Me

Foto Saya
Vika Yulianti
♥ I am an ordinary woman and I am trying to be the best for anyone ♥
Lihat profil lengkapku

Sabtu, 21 Januari 2012

berhentilah merokok sebelum rokok menghentikan hidup lo!!

    Orang ngerokok itu kadang gak punya hati. kenapa gw bisa bilang begitu? karena banyak banget fakta yang menurut gw sering banget terjadi tentang para-para perokok. example : waktu gw lagi berangkat ke kampus ada bapak-bapak ngerokok dengan enaknya dimobil yang gw naikin (read : mobil angkot). gak tau deh berapa banyak sisa asep rokok yang keluar dari mulut tuh bapak" masuk ketubuh gw. padahal gw coba untuk sok" batuk tapi dia tetep aja ngerokok tanpa ngerasa berdosa. pengen rasanya gw teriakin dimuka tuh bapak-bapak "WOI PAK ASEP LO NGERUSAK PARU-PARU GW!!"(maaf capslock jebol).
selain itu gw juga banyak nemuin anak muda yang minim kesadaran ngerokok dideket gw waktu gw dikantin. oke.. kantin emang dibolehin untuk ngerokok karena itu tempat umum dan bebas untuk ngerokok. tapi bukan brarti lo gak punya tata krama buang sisa asep rokok lo seenaknya dan dihirup sama orang-orang yang gak ngerokok. (calm down..mulai panas nih gw ceritanya). padahal yang paling berbahaya adalah orang yang gak ngerokok yang menghisap sisa pembakaran rokok orang (perokok pasif)  dibandingkan dengan orang yang bener pure perokok (perokok aktif)


gw bakal sedikit ngebahas tentang ROKOK a.k.a barang pembuat orang jadi asik ngerusak diri. alasannya rokok itu udah jadi candu buat mereka yang suka ngerokok. dan anehnya di negeri ini banyak banget yang ngerokok dan mereka lebih baik gak makan dari pada harus gak ngerokok. yang lebih akut lagi nih anehnya rata-rata orang yang pecandu rokok itu yang berstatus ekonominya rendah. alasannya,rokok telah menjadi pelampiasan penduduk miskin untuk mengusir stres.terus..terus nih yahh udah tau gak baik buat kesehatan alias berbahaya tapi tetep aja tuh banyak peminatnya.*geleng-geleng kepala.



ada beberapa kasus di negeri indonesia tercinta yaitu anak-anak kecil yang mempunyai kebiasaan aneh yaitu NGEROKOK.padahal mereka masih bisa dibilang balita. aiisshhh miris banget ngeliatnya. sebenernya siapa yang harusnya disalahin dalam kasus tersebut? orang tua dan lingkungan disekitarnya.



ROKOK tidak hanya berbahaya bagi kesehatan. Bila diamati lebih dalam, rokok juga memberikan andil yang cukup besar dalam pemroresan kemiskinan dibidang ekonomi. 


bahaya rokok :


sekali aja kita ngirup asap rokok, ada kurang lebih 4.000 (nyari digoogle bukan gw ngitung sendiri) bahan kimia yang masuk kedalam tubuh,termasuk 63 macam bahan yang dapat menimbulkan kanker (arcinogen), serta racun-racun lain seperti karbon monoksida, amonia, sianida, arsen dan formaldehid.





Penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan karena merokok antara lain adalah kanker, penyakit Paru Obstruktif Menahun, penyakit jantung dan pembuluh darah, otak, tulang, kulit, diabetes dan lain-lain misalnya infeksi saluran napas, penyakit gusi, katarak pada mata, dan tukak peptik padatukak peptik pada lambung atau usus dua belas jari. Pada kaum pria, merokok menyebabkan impotensi. pada wanita yang merokok  selain dapat menimbulkan cacat janin dalam kandungan, juga mudah terjadi osteoporosis bahkan patah tulang. Penurunan kekebalan tubuh pada perokok menjadi pencetus lebih mudahnya terkena AIDS. Sehingga berhenti merokok penting sekali dalam langkah pertahanan melawan AIDS.



lo tau sendiri kan bahanya ngerokok, kalo lo emang pinter dan gunain otak lo dengan baik, pasti bisa tau mana yang baik buat kesehatan lo dan yang engga.  kalo emang lo udah kebiasaan ngerokok bukan berarti lo gak bisa berhenti untuk ngerokok, karena kebiasaan itu bukan takdir kok. selama lo ada niat yah pasti lo bisa walaupun itu susah. kalo lo emang stres yah ngapain lo ngerokok malah ngurangin duit lo, ngerusak kesehatan lo dan gak nyelesaiin masalah. mendingan lo ambil wudhu terus kemesjid lo solat dan dzikiran gw rasa itu jauh lebih bermanfaat.hehehe :p


faktanya nih yah presiden barack obama dulunya juga pecandu rokok tapi dia akhirnya bisa berhenti merokok karena dia mau nunjukkin ke anak-anaknya contoh yang baik yaitu tidak merokok. 


so, berhentilah merokok sebelum rokok menghentikan hidup lo!!


0 comments:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung.. semoga bermanfaat.besok-besok berkunjung lagi yah. :)

Blogger news

free counters
 
© Copyright 2035 vika yulianti
Theme by Yusuf Fikri