tidak semua yang saya tulis adalah saya. ada yang hanya fiktif belaka. :)

About Me

Foto Saya
Vika Yulianti
♥ I am an ordinary woman and I am trying to be the best for anyone ♥
Lihat profil lengkapku

Kamis, 22 Maret 2012

perbedaan EXPENSE dengan COST

waktu gue masuk kuliah dan lagi belajar manajemen biaya. dosen gue nanya "expense dengan cost itu sama atau beda?" dan seisi kelas langsung seketika ribut gara" kebingungan dan nanya" ke temen sebelahnya, mau searching tapi gak pake pulsa browsing (bagi si pengguna smartphone)jadi apa mau dikata nanya aja deh sama temen sebelah.hehe.. sambil celingak-celinguk, ada yang bilang beda ada yang bilang sama. nah loh lieur kan.
nah disini gue mencoba merangkum dari semua buku-buku tebel yang udah gue baca sampe bertapa di air terjun 7 hari 7 malem gue lakuin demi mencari sesuap nasi.*loh.. ngacoo.. skiplah gue jadi enek sendiri ngeliat kata-kata yang lebai barusan gue ketik.:D

coba diamati kalimat ini "biaya kuliah diperguruan tinggi seharusnya tidak membebani mahasiswa."apa kalian udah menemukan jawabannya? atau masih bertanya-tanya?
 
 kayanya lebih enak kita bahas persamaannya dulu aja antara si expense a.k.a beban dengan cost a.k.a biaya. jadi persamaannya adalah sama-sama mengeluarkan (kredit) kas perusahaan.

sekarang, apa sih perbedaan antara expense dan cost?
dalam akuntansi terdapat perbedaan yang mendasar dari kata EXPENSE dan COST. expense = beban sedangkan cost = biaya.

expense atau beban.

menurut FASB  : "expense are outflows or other using up of assets or incurrences of liabilities (or combination of both) from delivering or producing goods, rendering, services, or carrying out other activities that constitute the entity's on going major or central operation" 

SAK 1994 : penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.

expense itu cost yang dipakai untuk mendapatkan revenue (menjalankan utama aktivitas bisnis).
timbul setelah barang/jasa tersebut digunakan. contohnya : beban gaji, karena beban gaji timbul setelah pekerja/karyawan melaksanakan kewajibannya.

cost atau biaya

menurut hansen dan mowen (2004 : 40) adalah kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendaatkan barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat saat ini atau dimasa yang akan datang bagi organisasi.

biaya yang akan memberikan manfaat hanya pada periode berjalan biasanya dicatat sebagai beban
 

1 comments:

Arradhiyatul Mutiara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung.. semoga bermanfaat.besok-besok berkunjung lagi yah. :)

Blogger news

free counters
 
© Copyright 2035 vika yulianti
Theme by Yusuf Fikri