tidak semua yang saya tulis adalah saya. ada yang hanya fiktif belaka. :)

About Me

Foto Saya
Vika Yulianti
♥ I am an ordinary woman and I am trying to be the best for anyone ♥
Lihat profil lengkapku

Senin, 28 Mei 2012

Latihan Penyiaran

26 Mei 2012 tepat dimana radio paling beken sejagad raya ngadain acara kecil-kecilan yaitu sharing tentang penyiaran bareng sama utomo leo penyiar "skul desak" di Trax fm. lo tau radio paling beken itu apa? yahh bener itu radio mercu buana. #tsaahhh.. :D Kalo menurut gw ini adalah salah satu kegiatan bermanfaat dan seru. secara yang dateng penyiar trax fm, yaahh you knowlaahh.hehehe.. gw salah satu orang yang pengen banget jadi penyiar radio makanya gw pantengin acara ini secara serius,fokus, sampe mata gw gak kedip" dan sampe tahan nafas.*apasih.

kita sebut aja si pembiacara ini dengan nama kokoh leo. dia menjelaskan dengan gaya dia banget dan menurut gw seru banget. gak kaku pembawaannya. ringan, santai dan ngena banget. gw duduk paling ujung. nahh inilah bagian yang buat gw ngerasa menyesal teramat dalam. *lebai tingkat maha dewi.:D karena gw duduk paling ujung jadi gw gak bisa liat tampang si kokoh leo itu dengan jelas dan yang lebih gak enaknya kalo duduk dipaling ujung itu, suaranya si kokoh leo ini jadi gak begitu kedengeran dan ilmu yag gw serap agak berkurang.


doi bilang hal yang harus diperhatiin untuk seorang penyiar adalah intonasi,artikulasi yang jelas dan percaya diri. gw agak lupa kemaren dia ngejelasinya kaya gimana kata"nya, yang pasti gw tau maksudnya, kurang lebih seperti ini. tentang intonasi, kalo lo,lo,lo dan lo suka nonton ajang pencari bakat yang nyanyi" gitu, sering banget denger komentatornya bilang dinamika suaranya kurang. kalo menurut gw yah dinamika itu sama aja kaya intonasi. jadi kalo dinamika itu kaya ada bait" yang harus dinyanyiin dengan penekanan yang kuat dan ada juga bait yang harus dinyanyikan dengan nada lembut,nah itu dibidang musik tapi kalo dibidang penyiaran dinamia itu disebutnya intonasi. jadi dalam siaran itu ada kata" yang diucapkan dengan ada penekanan yang kuat dan ada yang diucapkan atau dengan kata lain yang kita ucapkan nadanya tidak monoton a.k.a datar. lo bisa bayangin dong kalo lo lagi dengerin radio si penyiarnya nada suaranya gitu-gitu aja, misalnya pelan dari awal sampe akhir, yang ada gw bisa tidur nyenyak sampe 1 abad. atau engga ada yang suaranya kenceng" mulu dari awal sampe akhir, yang ada kalo gw dengerin tuh orang siaran bawaannya emosi, soalnya kaya ngajak ribut tuh penyiar nadanya.:D yang kedua ada artikulasi yang jelas.seperti yang telah kita ketahui artikulasi yang jelas itu emang hal yang terpenting. tanya kenapa? karena lo bayangin aja kalo penyiar radio ngomongnya gak jelas, kaya orang kumur" atau kaya orang pengen muntah.haahaha.. yang ada nih yang ngedenger kita siaran langsung banting tuh radio.:D gak lama kokoh leo ngejelasin. tiba-tiba kokoh leo bilang "itu yang pake kerudungan abu-abu yang tampangnya mupeng?" sambil muka kokh leo ke arah gw dan tololnya gw, gw masih celingak celinguk. jelas" yang duduk samping gw itu cowo. yakali cowo pake kerudung.hahaha.. dan pas gw sadar kalo yang dia maksud yang bermuka mupeng itu gw, kokoh leo langsung bilang "ada yang mau ditanyain gak? dan tanpa gw pikir panjang lebar kali tinggi bagi 2 (jiahh itu mah rumus segitiga) gw langsung nanya "apakah seseorang yang cadel itu bisa diterima di radio radio swasta. soalnya yang segw tau, persyaratan untuk jadi seorang penyiar radio profesional itu adalah gak boleh cacat vokal alias cadel" hmm..kokoh leopun menjawab kurang lebih begini "jangan sedih. rico ceper aja yang cadel bisa jadi penyiar radio yang sukses", tapi kata kokoh leo juga "lo harus percaya diri". karena dengan lo percaya diri maka lo bisa ngejual diri lo. hah? apa ngejual diri? (husss jangan nething dulu pikiran lo) jual diri disini maksudnya lo bisa mengeksplor semua kelebihan dan kekurangan lo. dengan lo terbuka dan apa adanya. biasanya nih penyiar yang masih amatir, sering banget terkena sindrom takut, gak berani, malu, dan bla..bla..bla.. nah itulah yang ngebuat kemampuan lo jadi terbatas dan penyiar radio amatir juga biasanya suka bersikap seperti bukan dirinya. misalnya pas siaran ngebahas tentang avenger si penyiar bilang "beuhh gw suka banget coy sama film avengers seruu dan rame juga" padahal lo belum nonton tuh film.ntar"nya pembahasan lo jadi basi. -___- nah lebih baik lo terbuka dan apa adanya misalnya lo bilang gw belom nonton coy, tapi nih kata temen" gw sih tuh film oke banget. gw pengen banget nonton tapi apa boleh dikata gw blm sempet nonton.mungkin banyak juga pendengar lo yang ngalamin hal yang sama dengan lo. ibarat orang yang lagi pedekate nih ditanya sama si cewe lo suka musik jazz gak? terus si cowo bilang suka..suka banget. si cewe bilang lo suka sama penyanyi jazz siapa? si cowo jawab gw suka sama esteduabelas. jeggeerrr... seketika si cewe pingsan.:D jadi lebih baik lo terbuka dan apa adanya. mau lo dikata cupu kek atau apa kek.
ohh iyah sampe lupa. terkadang para penyiar ngerasa grogi abiss karena mereka ngerasa yang bakal ngedengerin dia itu sejuta umat dan penyiar berfikir gimana caranya si sejuta umat itu biar suka sama si peyiar itu. dan menurut gw itu pemikiran yang ngebuat lo jadi terbatasi dan gak jadi diri lo sendiri. 

padahal banyak banget yang kokoh leo terangin di hari itu dan menurut gw kokoh leo itu top banget. selain dia gak sombong, ramah, asik banget. gw minta fotopun dia ladenin padahal gw minta fotonya berulang" kali n dia juga padahal lagi buru-buru, gwnya sih emang yang gak tau diri.hahaha.. terus pas temen gw minta pin bbnyapun dikasih. ada yang buat gw kagum dari doi yaitu pas disuruh nyusun content dengan menyambungkan 3 kata yang temen gw kasih secara ngasal. doi dengan cepat bikin tuh content dan dicontent itu berbobot banget deh kata"nya. two tumbs buat kokoh leo. dan membuat gw merasa menilai diri gw, gw itu belum ada apa"nya. harus banyak belajar dan berlatih lagi.semoga kelak gw bisa seperti dia.thanks a lot kokoh leo. see you.

So, buat lo yang pengen banget jadi penyiar radio. kembangin diri lo, buat lo tuh berciri khas dan percaya dirilah. karena itulah yang ngebuat lo beda dari yang lain. (agak sotoy gak sih gw? hahaha)



vika yulianti :)

0 comments:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung.. semoga bermanfaat.besok-besok berkunjung lagi yah. :)

Blogger news

free counters
 
© Copyright 2035 vika yulianti
Theme by Yusuf Fikri